Kampanye politik
Kampanye politik adalah sebuah
upaya yang terorganisir bertujuan untuk memengaruhi proses pengambilan
keputusan para pemilih dan kampanye politik selalu merujuk pada kampanye pada pemilihan umum
Pesan kampanye
Pesan dari kampanye adalah penonjolan
ide bahwa sang kandidat atau calon ingin berbagi dengan pemilih. Pesan sering
terdiri dari beberapa poin berbicara tentang isu-isu kebijakan. Poin2 ini akan
dirangkum dari ide utama dari kampanye dan sering diulang untuk menciptakan
kesan abadi kepada pemilih. Dalam banyak pemilihan, para kandidat partai
politik akan selalu mencoba untuk membuat para kandidat atau calon lain menjadi
"tanpa pesan" berkaitan dengan kebijakannya atau berusaha untuk
pengalihan pada pembicaraan yang tidak berkaitan dengan poin kebijakan atau
program. Sebagian besar strategis kampanye menjatuhkan kandidat atau calon lain
yang lebih memilih untuk menyimpan pesan secara luas dalam rangka untuk menarik
pemilih yang paling potensial. Sebuah pesan yang terlalu sempit akan dapat
mengasingkan para kandidat atau calon dengan para pemilihnya atau dengan
memperlambat dengan penjelasan rinci programnya. Misalnya, dalam Pemilu 2008
dari pihak John McCain awalnya mempergunakan pesan yang berfokus pada
patriotisme dan pengalaman politik; pesan itu kemudian ditangkap dan diubah
menjadi perhatian beralih ke peran sebagai "maverick" di dalam pendirian
politiknya sedangkan Barack Obama tetap pada konsistensi, pesan yang sederhana
yang "mengubah" seluruh kampanye itu. [1]
Dalam tekhnik kampanye politik
kemenangan kandidat atau calon yang dilakukan di dalam jajak pendapatkan hanya
dipergunakan sebagai agenda politik di kantor staf pemenangan kandidat atau
calon . [2]
Kampanye hitam
(Black campaign)
Penggunaan metode rayuan yang merusak,
sindiran atau rumors yang tersebar mengenai sasaran kepada para kandidat atau
calon kepada masyarakat agar menimbulkan presepsi yang dianggap
tidak etis terutama dalam hal kebijakan publik. komunikasi ini diusahakan agar
menimbulkan fenomena sikap resistensi dari para pemilih, kampanye hitam umumnya dapat
dilakukan oleh kandidat atau calon bahkan pihak lain secara efisien karena
kekurangan sumber daya yang kuat untuk menyerang salah satu kandidat atau calon
lain dengan bermain pada permainan emosi para pemilih agar pada akhirnya dapat
meninggalkan kandidat atau calon pilihannya.
Kampanye ilegal
Penggunaan peraga kampanye yang tidak
sah atau bukan berasal dari kebijakan atau termasuk dalam bagian material dari
kampanye peserta pemilu yaitu pihak para kandidat sebagai peserta pemilu maka
dengan demikian kampanye yang ilegal merupakan sebuah kampanye yang melanggar
ketentuan hukum.
Organisasi
Dalam kampanye
politik yang modern, organisasi kampanye (atau 'mesin') akan memiliki struktur
yang jelas personel dengan cara yang sama sebagai ukuran bisnis serupa.
Manajer
Kampanye
Berhasil sebuah kampanye biasanya
memerlukan managerial kampanye yaitu seorang Manager Kampanye untuk
mengkoordinasi operasional kampanye. Selain dari kandidat atau calon, mereka
paling sering terlihat berkampanye, Manager kampanye pada kandidat atau calon
yang bersangkutan dapat melaksanakan dengan strategi dan melakukan pengaturan ,
terutama jika para pembuat strategis kampanye biasanya berada di kantor konsultan politik seperti pollster dan media konsultan.
Konsultan
Politik
Memberikan nasihat oleh Konsultan
Kampanye Kolitik di hampir semua kegiatan mereka, dari penelitian untuk bidang
strategi. Konsultan melakukan penelitian kandidat atau calon, pemilih
penelitian, dan riset oposisi bagi klien mereka.
Aktivis adalah 'prajurit kaki' yang
setia kepada ideologi bekerja dengan membawa orang-orang yang akan memilih
kandidat atau calon termasuk melakukan kampanye 'door to door' mengambil bagian
dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kampanye kandidat atau calon
Tiada ulasan:
Catat Ulasan
berkomentarlah dengan bijak sahabat semua.