Rabu, 29 Januari 2014

desentralisasi dan dekonsentrasi



Berikutadalahtabeluntukmelihatdefinisisecarasingkat/ringkasmengenaidesentralisasidandekonsentrasi yang dikemukakanolehsejumlahahli yang telahdiuraikansebelumnya.

Sumber
Desentralisasi
Dekonsentrasi
Harold F. Alderfer
·  Unit-unit lokalditetapkandengankekuasaantertentuatasbidangtugastertentu.
·  Dapatmenjalankanpenilaian, inisiatifdanpemerintahannyasendiri.
·   Semata-matamenyusun unit administrasiataufield stations.
·   Tidakadakebijakan yang dibuat di tingkatlokal.
·   Badan-badanpusatmemilikisemuakekuasaandalamdirinya, sementarapejabatlokalmerupakanbawahansepenuhnyadanhanyamenjalankanperintah.
RondinellidanCheema
Transfer perencanaan, pengambilankeputusandanataukewenanganadministrasidaripemerintahpusatkepadaorganisasipusat di daerah.
Penyerahansejumlahkewenangandantanggungjawabadministrasikepadacabangdepartemenataubadanpemerintah yang lebihrendah.
Conyers
Dimengertidalamduajenis yang berbedayaknidevolution dandeconcentration.
Kewenanganadministratif yang diberikanpadaperwakilanbadan-badanpemerintahpusat.
R. Tresna
Dapatdibedakankedalam: Desentralisasijabatan (dekonsentrasi) danDesentralisasiketatanegaraan
Pemberianataupemasrahankekuasaandariataskebawahdalamrangkakepegawaian, gunakelancaranpekerjaansemata.
Cohen dan Peterson
Jenisdesentralisasiterbagidalamdeconcentration, devolution, dandelegation (yang mencakup pula privatization).
Pengalihankewenanganataskeputusan yang ditetapkan, fungsikeuangandanmanajemensecaraadministratifuntuktingkat yang berbeda di bawahwewenangyurisdiksipemerintahpusat.

Adapunberikutinikonsepdasardesentralisasidandekonsentrasi yang didapatdarisitus: http://www.slideshare.net/triwidodowutomo/dekonsentrasi-dlm-kerangka-negara-kesatuan-yg-terdesentralisasi, yang merupakanbahan seminar Proposal Program PascaSarjanaPendidikanDoktor (S3) AdministrasiPublik UGM tahun 2009 oleh Tri WidodoUtomoberjudulImplementasiFungsiDekonsentrasiDalamKerangkaSistem Negara Kesatuan yang Terdesentralisasi.
Sumber
Des./Dev.
Dekonsentrasi
Bank Dunia
Merupakanpengalihanwewenangdantanggungjawabuntukfungsipublikdaripemerintahpusatkepadaorganisasipemerintahan yang lebihrendahatau yang independendan / atausektorswasta.
Merupakan yang paling lemahdarisebuahdesentralisasi-redistribusiwewenangpengambilankeputusandantanggungjawabkeuanganantartingkatan yang berbedadaripemerintahnasional.
UNDP
Berkaitandenganargumenpolitikmaupunekonomi (danadministratif).
Terutamaberkaitandenganprinsipdasaradministratifdansampaibatastertentudenganargumenekonomi.
Hellmut
Wollman
Kekuasaandanfungsi (sepertihalnyasumberdaya) ditetapkanuntukbadan-badandanaktordaerah yang memilikihaksendiridalamotonomipolitik à full municipalisation
Fungsiadministratif yang dilakukanmelaluipembentukan ‘kantorwilayah’ daerahataulokal à limited municipalisation
Robertson
Work
Mengacupada transfer penuhtanggungjawab, pengambilankeputusan, sumberdayadanpeningkatkanpenerimaandaerahkepadaotoritaspubliktingkatdaerah yang otonomdansepenuhnyaindependendariotoritaspelimpahan.
Dapatdilihatsebagailangkahawal di dalamsebuahdesentralisasipemerintahan yang baruuntukmeningkatkanpemberianlayanan.
Hutchcroft
Menyangkut transfer yang jauhlebihbesarwewenangpengambilankeputusandantanggungjawabkepada unit pemerintahdaerah (umumnyadaerah, provinsi, dan/ataukota).
Menyangkutsuatu transfer antar-organisasimengenaifungsi-fungsikhususdanbebankerjadaripemerintahpusatkekantor di tingkat regional ataudaerah.
McBeath& Helms
Menyangkut transfer kewenanganuntukmengelola program, menyediakanlayanan, memungutdanmendistribusikanpendapatansekaligus transfer sebagianbesardariaparatadministrasiuntukfungsitersebutkepadapemerintahdaerah.
Menyangkut transfer kewenanganuntukmengelola program pemerintah, layanan, danpendapatan yang berasaldaripemerintahpusatkenegarabagian, provinsi, kantor regional, atausecaralangsungkedaerah. Dekonsentrasiadalahsepenuhnyaberadadalamsuatujaringan yang rumitdarihubunganantarpemerintah.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

berkomentarlah dengan bijak sahabat semua.